Oleh: mahasiswanegarawan | Januari 22, 2009

dari cikapundung melintasi asia-afrika menemui dasasila bandung

Empat tahun lalu saya ngekost tepat di bantaran / pinggir kali Cikapundung dekat kebon binatang bandung. Melihat kali cikapundung merupakan menu rutin sarapan pagi. Kali Cikapundung mungkin terkenal di zaman baheula, sungai indah yang membelah kota Bandung. Hulu sungainya berasal dari perbukitan di bandung utara, kita bisa menyusurinya lewat ke hutan Dago Pakar sampai ke Lembang. Paling tidak ada2 curug (air terjun) yg bisa kita temui, yaitu Curug Dago dan Curug Omas di Maribaya Lembang.

Kali Cikapundung merupakan sungai terpanjang sekaligus septik tank terpanjang di dunia, karena melewati Asia-Afrika (hehe). Menikmati sore di daerah Cikapundung yang melewati (jalan) Asia-Afrika merupakan hal yg menyenangkan. Kita bisa berburu kuliner, buku, novel, cerpen, komik, majalah, yang murah-murah. Dari situ bisa juga nyberang ke Alun-alun yang sekarang sudah ada Taman Air menggantung atau naik ke menara mesjid agung. Atau berburu fashion murah n gaul di plaza dan FO di sekitar alun2. Atau sejenak melihat peninggalan dunia sejarah Dasasila Bandung di Gedung Merdeka, tempat bersejarah diadakannya Konferensi Asia-Afrika tahun 1955 silam. Tak jauh dari situ, di depan hotel Savoy Homan juga ada tugu yang berisi poin-poin dasasila Bandung. Dasasila Bandung merupakan sepuluh poin hasil pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi Asia-Afrika (KAA) pada April 1955 di Gedung Merdeka. Sepuluh isi yang terkandung dalam Dasasila Bandung :

1. Menghormati hak-hak dasar manusia seperti yang tercantum pada Piagam PBB.
2. Menghormati kedaulatan dan integritas semua bangsa.
3. Menghormati dan menghargai perbedaan ras serta mengakui persamaan semua ras dan bangsa di dunia.
4. Tidak ikut campur dan intervensi persoalan negara lain.
5. Menghormati hak setiap bangsa untuk mempertahankan diri baik sendiri maupun kolektif sesuai dengan piagam pbb.
6. Tidak menggunakan peraturan dari pertahanan kolektif dalam bertindak untuk kepentingan suatu negara besar.
7. Tidak mengancam dan melakukan tindak kekerasan terhadap integritas teritorial atau kemerdekaan politik suatu negara.
8. Mengatasi dan menyelesaikan segala bentuk perselisihan internasional secara jalan damai dengan persetujuan PBB.
9. Memajukan kepentingan bersama dan kerjasama.
10. Menghormati hukum dan juga kewajiban internasional.

Telah 53 tahun berlalu KAA, meninggalkan prasasti sejarah dasasila Bandung. Lihatlah betapa mulianya kalimat-kalimat yang tercantum dalam Dasasila Bandung. Namun, melihat berita terakhir di TV tentang peperangan. Invansi militer sebuah negara Israel yang membunuh ribuan warga termasuk ratusan anak-anak di kota Gaza, rasa-rasanya sangat bertentangan dengan Dasasila Bandung. Imperealisme barat yang dipimpin Amerika Serikat sepertinya tidak rela melepaskan Asia-Afrika yang subur makmur. Apakah perlu bangsa-bangsa Asia-Afrika berikrar kembali ke Bandung untuk membuat Konferensi Asia-Afrika Jilid II. Untuk menghapuskan segala bentuk imperealisme dari seluruh dunia. Bukan hanya menghapuskan imperealisme militer, tetapi juga imperealisme ekonomi-politik. Rasanya tak perlu membangkitkan Soekarno atau Nehru untuk mekakukan itu.


Responses

  1. Sejak kematian Nehru, Soekarno, Tito, Gamal Abdul Nasser dan tokoh-tokoh Asia Afrika lainnya, Gerakan Non-Blok tinggal menjadi fosil tulang belulang sejarah yang berserak.

    Tak ada lagi Non-Blok, Conefo, Ganefo… Nekolim di bawah AS sebagai panglimanya yang berjaya.

    Sejarah masa depan harus ditulis sejak sekarang dengan karya-karya peradaban dan kemanusiaan, bukan dengan prasasti-prasasti masa lalu.

    Mari !!!

  2. terima kasih infonya….


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: