Oleh: mahasiswanegarawan | Oktober 14, 2008

Eksperimen dan Hipotesa Pertama

Keingintahuanku tentang dunia sains kayaknya udah mulai terindikasi sejak kecil. Eksperimen pertama untuk membuktikan sebuah hipotesa ilmiah udah aq lakukan sekitar usia 7 tahun ketika masih kelas 1 SD.

Ceritanya dulu, aq masih tinggal di rumah nenek. Di belakang rumah nenek ada tanaman rambat berwarna hijau. Orang di kampungku menyebutnya tanaman cuing (cincau hijau). Kalau musim kemarau atau bulan puasa, biasanya keluargaku membuat es cuing. Bahannya dari ekstrak tanaman cuing yang akan menghasilkan cuing yang kenyal (mirip agar-agar). Cuing yang sudah mengenyal dicampur dengan es sirop atau air gula jawa.

Nah, terus aq berpikir, apakah bahan sejenis ‘agar-agar’ berwarna hijau hanya bisa dihasilkan dari tanaman cuing saja? mungkinkah tanaman hijau lain bisa menghasilkan ekstak yang mengenyal seperti cuing?

Untuk membuktikan hipotesa tersebut, lantas aq melakukan eksperimen. Caranya yang paling gampang, waktu itu aq ‘mengerok’ lumut hijau yang ada di dinding sumur. Lumut yang terkumpul, aq kasih kasih air panas sehingga menghasilkan cairan ekstrak berwarna hijau. Setelah disaring, ekstrak lumut itu, aq masukan ke rantang makanan. Terus disimpan di dalam rak tempat makanan. Lalu aq tunggu sampai ekstrak tersebut dapat mengenyal.

Orang-orang di rumah (paman,bibi,dll) ketika membuka rak makanan bertanya :‘itu apa yang disimpan di rantang‘. Aq menjawabnya :‘lg membuat cuing’. Mereka mengira aq benar-benar membuat cuing dari tanamannya. Ditunggu sampai malam, ekstrak lumut hijau belum mengenyal juga. Bahkan sampai sudah 2 hari. Karena mulai bau, orang-orang di rumah menanyakan lagi : ’emang buat cuingnta dari apa?, kok ga kenyal-kenyal’ . Aq menjawab : ‘dari lumut yang ada di sumur’ . Hahaha, sontak orang-orang di rumah tertawa. Hipotesa pertama yang gagal.

Itulah aq, manusia imajiner sejak kecil. Bahkan Tugas Akhir Penelitian S1-ku, lebih imajiner lg (nanti kuceritakan deh tentang dimulasi molecular dynamics).

‘Imagination is more important than knowledge’ (Albert Einstein)


Responses

  1. jd inget dlu aku jg wkt Sd coba2 buat minyak goreng dr ekstrak daun bunga sepatu

  2. kreatif yah…
    iri deh..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: