Oleh: mahasiswanegarawan | September 13, 2007

ES SHANGHAI

Awalnya saya kira, ini jenis minuman yang berasal dari Cina. Tapi, ternyata asli kreasi Indonesia. Entah siapa yang pertama kali menamakan Es Shanghai, rasanya perlu ditelusuri sejarah penamaanya kepada pedagang-pedagang yang ‘dicurigai’ sebagai pelopor jualan Es Shanghai.
Es Shanghai berisi aneka macam potongan buah-buahan segar mulai dari melon, semangka, mangga, pear, kelapa muda, apel, bengkoang, anggur, dan durian. Untuk beberapa pedagang bisa ada tambahan atau pengurangan jenis buah tergantung musim panen buahnya. Nah potongan buah tadi disiram dengan air kelapa muda, air gula, dan susu kental manis, dan potongan batu es. Makan (sekaligus minum) es Shanghai di siang atau sore hari, maknyuss pisan pokoknya. Dahaga hilang, perut pun (sekaligus) kenyang. Harga es Shanghai bervariasi antara 4000-8000, tergantung jenis sajian buahnya.

TEMPAT MAKAN ES SHANGHAI FAVORIT (KU)
Cara paling mudah mencari pedagang Es Shanghai adalah pergi ke Simpang Dago. Mulai sore hari sekitar ba’da sholat Ashar, pedagang Es Shanghai sudah mulai menggelar dagangannya di Simpang Dago. Namun, ada juga pedagang Es Shanghai yang sudah buka sejak siang hari.
Es Shanghai ‘Fadhilah’ di Simpang Dago merupakan Es Shanghai terlaris. Saya pun paling sering beli di situ. Mengapa Es Shanghai ‘Fadhilah’ laris manis? Pertama, satu porsi (semangkuk) Es Shanghai di situ banyak banget. Buah-buahnya sampai muncung kayak gunung Bromo. Kedua, pelayanan relatif cepat. Ketiga, tempat relatif nyaman karena di kios permanen (meskipun sangat sederhana). Keempat, nah ini yang paling penting, harga satu porsinya Rp.5000,00, tapi jumlah buahnya relatif lebih banyak dari pedagang lainnya. Kalau tambah duren, harganya jadi Rp.7000,00. Di bulan Ramadhan, beli Es Shanghai ‘Fadhilah’ harus ngantri dari mulai jam 5.  Padahal beli di pedagang lain di Simpang Dago nggak harus ngantri sepanjang di Es Shanghai Fadhilah. Nah kalau males ngantri, biasanya saya beli Es Shanghai ‘Fadhilah’ setelah buka puasa.


Responses

  1. AKU TAU SIAPA PELOPOR ES SHANGHAI….namanya bp aeni yang punya rumah makan sarisono di jalan sarijadi blok 15 no 121 dia yang pertama kali buat es shanghai…aq jg termasuk penggemar es shanghai disana coz aq dah beli disana sejak aq masih tk malah paz bokap msih lajang rumah makan itu dah ad, yang aq tau rumah makan itu udah buka dari taun 1984 pokoknya disana tuh es shanghai yang paling enakkk100X coz aq dahnyoba ma tempat laen ga ada yang nandingin…yang bikin aq heran ko.. sekarang es shanghai merajalele padahal pelopornya sarisono… ga percaya kesana aj…

  2. iya setuju bgt… es shanghai emang enakk…
    kata ayah aku sih es shanghai itu adalah di ciptakan oleh seorang pedagang di sarijadi namanya bapah aeni di rm.sarisono blok 15. nonya lupa tp ada di sebelah yomart minimarket gitu deh. itu langganan ibu aku dari aku masih kecil. lalu beberapa pedagang lain mulai meniru alias ikutan berjualan es ini. pokoknya sebelum ada pedagang yang di simpang dago n daerah lainnya. es shangahai sarisono udah ada. kal g salah waktu tahun 1984 es shanghai sarisono udah ada. aku itu tinggal di dago n nenek aku tinggal di sarijadi jad aku tau persis siapa pelopornya. jadi kangen nih ama es shanghai sarisono. mmmmmm

  3. wah, kayaknya liburan ini saya harus berpetualang wisata kuliner keliling bandung untuk melacak pelopor makanan/minuman khas bandung


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: