Oleh: mahasiswanegarawan | Agustus 16, 2007

BBM HABIS??? NGGAK USAH TAKUT, ADA BIOENERGI

“Untung deh TDL nggak jadi ikut-ikutan naik lagi kayak BBM yang belum lama ini dinaikin harganya”. Kekhawatiran yang terjadi akibat kenaikan tarif-tarif energi menjadi hantu menakutkan bagi masyarakat, terutama masyarakat kecil.

Bahan bakar fosil yang masih menjadi energi utama untuk masyarakat Indonesia, lambat laun pasti akan menipis persediannya, bener nggak? Sesuai dengan hukum ekonomi, jika jumlah barang di pasar semakin sedikit dan permintaan kian banyak, maka harga barang tersebut akan naik. Terus gimana dong untuk mengatasi ketergantungan terhadap minyak bumi?

Bioenergi, Energi Alternatif di sekeliling kita.

Frend’s, tanpa kita sadari di sekeliling kita banyak terdapat sumber-sumber yang dapat dijadikan sebagai energi alternatif. Kita dapat memanfaatkan keahlian mikroba dan tanaman untuk menghasilkan sumber energi tersebut, itulah bioenergi. Beberapa produk bioteknologi energi, melalui produksi bioetanol, biodiesel, dan biometana, memberikan peranan nyata terhadap anggaran energi.

Bioetanol, pengganti bensin.

Alkohol (etanol) sejak tahun 1980-an telah digunakan sebagai bahan bakar pengganti bensin di negara Brazil. Brazil memanfaatkan produk pertanian dari tebu untuk industri gula sebagai bahan baku pembuatan alkohol. Sel-sel khamir dan mikroba mampu memenfermentasikan karbohidrat sederhana membentuk alkohol (etanol). Selanjutnya etanol ini dimurnikan dengan proses distilasi.

Selain tebu, tanaman lain juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku bioetanol yaitu tanaman berpati (ubi kayu, jagung, sagu), tanaman bergula (sorgum manis, bit), dan serat (jerami, ampas tebu).

Bioetanol dapat dicampur dengan bensin dalam perbandingan tertentu sebagai bahan bakar. Gasohol E-10 (artinya campuran dari 90% bensin dan 10% etanol) telah diujikan pada kendaraan dan memberikan kualitas bahan bakar yang setara dengan pertamax. Pencampuran etanol sampai 24% masih dapat digunakan pada mesin mobil konvensional. Selebihnya perlu ada modifikasi mesin kendaraan seperti yang telah digunakan di Brazil dan Amerika Serikat. Bioetanol ini pun ramah lingkungan, karena menggeser penggunaan Tetra Ethyl Lead (TEL) yang mengandung logam berat Timbal (Pb) sebagai bahan aditif pada bensin.

Biodiesel, Pengganti Solar.

Minyak nabati dapat digunakan sebagai bahan bakar pengganti solar untuk mesin diesel. Di negara kita terdapat lebih dari 50 jenis tumbuhan yang dapat menghasilkan minyak nabati, yang paling populer adalah sawit, kelapa, jarak, randu atau kapok. Biji atau buah dari tumbuhan tersebut dapat diekstrak minyaknya dengan cara mekanik, seperti halnya pembuatan minyak goreng.

Minyak mentah dapat digunakan langsung sebagai bakar, tetapi perlu ada modifikasi mesin dahulu, karena kalau dipakai langsung dapat merusak mesin kendaraan dalam jangka waktu lama (nah lho, terus gimana nih?).

Tenang bro, minyak nabati perlu diproses secara kimia (transestersisasi) terlebih dahulu agar dapat dipakai pada mesin diesel. Minyak mentah ini diubah menjadi bentuk alkil esternya dengan proses metanolisis, yang paling umum adalah bentuk ester metil. Bentuk ini memiliki karakteristik kekentalan dan angka setan (cetane number) mendekati solar. Bentuk inilah yang populer disebut biodiesel.

Seperti halnya bioetenol, biodisel ini pun dapat dicampur dengan solar dengan komposisi tertentu, yang disebut biodiesel B-5, B-10, B-20, dan seterusnya.

Biogas, Dari Sampah Organik dan Kotoran Ternak.

Tiga ribu tahun yang lalu, dalam buku kuno Cina yaitu I Ching menyatakan adanya api yang berasal dari rawa-rawa. Komponen utama gas rawa ini adalah metana, yang sering kita pakai untuk memasak dengan kompor gas. Lebih dari jutaan tahun yang lalu, aktivitas sekian banyak mikroba telah menguraikan sel mati dari tanaman dan hewan menghasilkan cadangan metana dalam jumlah besar di perut bumi. Nah, gas bumi kan suatu saat nanti pasti akan habis seperti halnya minyak bumi, jadi kita perlu nyari penggantinya nih.

Biogas adalah adalah campuran beberapa gas, tergolong bahan bakar gas yang merupakan hasil fermentasi dari bahan organik dalam kondisi anaerob, dan gas yang dominan adalah gas metana (CH4) dan gas karbondioksida (CO2). Sampah organik, kotoran ternak sapi, kerbau, dan domba dapat digunakan sebagai media bahan baku untuk pembuatan biogas.

Biogas memiliki kalor yang cukup tinggi berkisar 4800-6700 kkal/m3. Di beberapa daerah peternakan, biogas ini telah digunakan masyarakat untuk bahan bakar memasak.

Bro, sekarang kita nggak usah khawatir lagi kan dengan menipisnya cadangan bahan bakar minyak ataupun gas. Karena tanpa kita sadari di sekeliling kita banyak terdapat sumber energi alternatif dari mahkluk hidup lain yang kadang kita lupakan. So, tunggu apalagi untuk segera beralih ke bahan bakar alternatif.

(Tata Chemiawan, Mahasiswa Kimia ITB)

 


Responses

  1. Tapi kalau pemerintah nggak mengapresiasi ya sama juga bo’ong, Bro!!!

    Yang neliti mah neliti…. yang merintah mah merintah… kaga nyambung…

    Sekarang tinggal bagaimana menggugah kesadaran pemerintah bahwa energi-energi alternatif itu butuh sokongan dan support pemerintah sebagai penetu kebijakan dalam pengembangan dan pemanfaatannya.

    -mif-

  2. saya boleh minta ga cara pembuatan bahan bakar alternatif dan paembuatan kompor minyak nabati,wat sosialisasikan hal tersebut disekitar lingkungan yang terlalu berat jika penggunaan minyak tanah beralih ke kompor gas

  3. to Amirul Akbar :
    Kalo minyak nabati mah buat ngegoreng tempe, tahu dan kawan-kawannya. Minyak nabati dikonversi melalui proses metanolisis menjadi biodiesel untuk menggantikan minyak solar. Itupun hanya untuk mesin motor kendaraan, bukan buat kompor.
    Kalo mau bikin kompor biogas aja, tinggal memfermentasikan kotoran ternak (misal sapi), nanti gasnya bisa dipake untuk memasak.
    Saya coba cari informasi dulu mengenai pembuatan kompor biogas.

  4. Tolong beri informasi mengenai sistem kompor yang berbahan baku bioetanol. Terima kasih

  5. Bagi dong… Cara pengolahan dan peng aplikasian pemakaian bioenerginya

  6. SIP.,
    TP BERI CARANYA YG PALING GAMPANG MEMBUAT BIOETHANOL SENDIRI

  7. Mau nanya, kalau arak dari ketan itu kan udah jadi alkhohol, trus proses selanjutnya gimana yah?
    mohon bantuannya, karena saya berpikir untuk merintis industri rumah tangga produksi bioetanol

    thx

  8. bisa kasih info yang jual kompor bioetanol trimakasih….

  9. di TVRI tadi ada pertujukan pembuatan kompor nabati tapi saya terlambat menyaksikannya, tolong cara pembuatan, bahan bakar dan cara pengunaannya.

  10. Coba kalo ada stasiun TV yang nayangin IPTEK, dengan penjelasan sedetil mungkin agar dapat diaplikasikan di masyarakat…..

    Adik-adik mahasiswa, coba dong terjun langsung ke desa-desa or ke perumahan ato ke arisan ibu-ibu untuk mensosialisasikan bioenergi rumah tangga, dengan memanfaatkan sampah rumah tangga atawa kotoran manusia (kalo harus pake kotoran hewan mah ribet kan kudu miara dulu).

    Saya sempet sekilas melihat berita di salah satu stasiun TV kita, ada di satu wilayah Jawa Timur yang sudah berhasil memanfaatkan kotoran manusia untuk bahan bakar alternatif.

    Saya minta penjelasannya rinci donk ….

    Terimakasih

  11. Mau nanya, kalau arak dari ketan itu kan udah jadi alkhohol, trus proses selanjutnya untuk bisa menjadi bahan bakar gimana yah?
    mohon bantuannya, karena saya berpikir untuk merintis industri rumah tangga produksi bioetanol

    thx

  12. mo tanya, gimana caranya untuk membuat kompor gas dari kotoran manusia (saptiteng), salah ya nulisnya hee…he… ya intinya gitu lah.. apakah cuma dikasih paralon dan dikasih campuran apa gitu ??

    thx

  13. bagus ik tp sauange gakda carane ik….wong2 mbok yo ben iso gawe dw…

  14. bioetanol dan biodisel buat kasih makan mobil motor? kasihan manusia dong, konsumsi perut kita yang tidak seberapa ukuranya bersaing dengan rakusnya konsumsi bahan bakar kendaraan yang tidak pernah ada kenyangnya, siap siap bahan pangan, minyak sayur, beras makin langka dan mahal, ingat hukum ekonomi, siapa yang berani bayar mahal maka akan banyak orang berlomba lomba beralih dari pertanian perkebunan buat konsumsi manusia menjadi petani produsen bahan bakar buat mesin.
    kalau ga percaya,sudah ada contohnya di eropa minyak goreng pernah diborong orang dari supermarket bukan buat digoreng tetapi buat di isi kedalam mobil diesel mereka karena harga minyak goreng yang lebih murah dari harga biodiesel !

  15. Hello, Neat post. There’s an issue with your website in internet explorer, might test this? IE still is the marketplace leader and a good element of people will omit your wonderful writing due to this problem.

  16. What i do not understood is in fact how you’re not really much more smartly-liked than you may be now. You are very intelligent. You realize thus considerably relating to this matter, made me in my opinion imagine it from so many numerous angles. Its like women and men don’t seem to be involved except it is one thing to accomplish with Woman gaga!
    Your personal stuffs excellent. Always maintain it up!

  17. Everyone loves it when folks get together and share ideas.
    Great site, stick with it!

  18. If some one wishes to be updated with hottest technologies after that he must
    be pay a visit this web site and be up to date all
    the time.

  19. Hey there! I just wish to give you a huge
    thumbs up for your excellent info you’ve got right here on this post. I’ll be returning to your blog for
    more soon.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: