Oleh: mahasiswanegarawan | Agustus 18, 2007

MEMBANGUN INDUSTRI BIOETANOL NASIONAL SEBAGAI PASOKAN ENERGI BERKELANJUTAN DALAM MENGHADAPI KRISIS ENERGI GLOBAL

KRISIS ENERGI DAN GLOBALISASI

            Energi merupakan salah satu permasalahan utama dunia pada abad ke-21. Sampai saat ini bahan bakar minyak masih menjadi konsumsi utama negara-negara dunia. Minyak bumi bisa menjadi senjata politik yang menakutkan karena sektor industri dunia sangat bergantung kepada pasokan minyak bumi.

Invansi Amerika Serikat ke Iraq pada 2003 lalu pun lebih disebabkan pada perang untuk mendapatkan minyak daripada perang untuk  melawan terorisme. Amerika Serikat sebagai konsumen terbesar minyak bumi dunia dengan tingkat konsumsi 25 juta barrel/hari, tetapi hanya memproduksi 7,5 juta barrel/hari. Oleh karena itu ketersediaan minyak bumi adalah hal yang sangat vital untuk menjaga keberlangsungan industrinya.

Peranan BBM masih 63% dalam pemakaian energi final nasional-2003. Indonesia yang dulu menjadi negara pengekspor minyak,  sejak tahun 2004 berubah menjadi negara pengimpor minyak. Pada tahun 2004 Indonesia mengimpor minyak 487 ribu barel/hari. Sementara itu harga minyak dunia terus mengalami peningkatan harga. Hal ini jelas akan menggoyang perekonomian nasional.

Struktur APBN masih bergantung pada penerimaan migas dan subsidi BBM. Naiknya harga minyak dunia mengakibatkan membengkaknya subsidi BBM. Kebijakan pengurangan subsidi BBM yang diterapkan pemerintah akhirnya berakibat pada meningkatnya biaya-biaya perekonomian masyarakat.

Maka, harus ada upaya-upaya strategis untuk mengurangi ketergantungan pada minyak bumi. Hal ini sudah cukup mendesak mengingat cadangan minyak nasional hanya sampai 18 tahun (lihat tabel) lagi, sementara konsumsi dalam negeri terus meningkat. Diprediksikan pada tahun 2010, jumlah import BBM akan meningkat menjadi sekitar 60% – 70% dari kebutuhan BBM dalam negeri. Fakta ini akan menjadikan Indonesia menjadi Pengimpor BBM terbesar di Asia.

Penggunaan bahan bakar alternatif harus segera dilakukan terutama yang berbentuk cair, karena masyarakat sudah sangat familiar dengan bahan bakar cair, BBM. Salah satunya adalah Bioetanol. Bioetanol dengan karakteristiknya dapat mensubtitusi bensin. Indonesia perlu mengembangkan bioetanol karena :

1.       Konsumsi energi meningkat

2.       Bahan bakar fosil akan habis

3.       Devisa (impor bbm)

4.       Potensi penggunaan biofuel

5.       protokol Kyoto

6.       Potensi lahan

7.       Potensi sumber daya manusia  (petani)

BIOETANOL, ENERGI ALTERNATIF YANG KOMPETITIF

            Louis Pasteur untuk pertama kalinya mengenalkan metode fermentasi. Dia melakukakan fermentasi gula menggunakan mikroorganisme. Dia telah membuka cakrawala baru memproduksi senyawa kimia dengan bantuan  mikroorganisme. Sehingga kita tidak harus capai-capai melakukan sintesis senyawa kimia, biarkan saja mikoorganisme yang bekerja memproduksinya.

Pada tahun 1815, Gay-Lussac  memformulasikan konversi glukosa menjadi etanol dan karbondioksida. Formulanya sebagai berikut :

C6H12O6                       2C2H5OH  +  2CO2

Dalam perkembangannya produksi alkohol yang paling banyak digunakan adalah metode fermentasi dan distilasi.

Mikroorganisme yang digunakan untuk fermentasi alkohol :

Bakteri : Clostridium acetobutylicum, Klebsiella pnemoniae, Leuconoctoc

   mesenteroides, Sarcina ventriculi, Zymomonas mobilis, dll.

Fungi    : Aspergillus oryzae, Endomyces lactis, Kloeckera sp., Kluyreromyces fragilis,

              Mucor sp., Neurospora crassa, Rhizopus sp., Saccharomyces beticus,

  S. cerevisiae, S.ellipsoideus, S. oviformis, S. saki, Torula sp., dll

Baru-baru ini teknologi DNA rekombinan telah membantu penggunaan mikroorganisme dalam proses industri. Setelah USA dan Brazil, India adalah negara terbesar ketiga dalam memproduksi bioetanol.

Selama perang dunia II campuran etanol dan bensin telah digunakan di Eropa. Namun, setelah perang berakhir bioetanol kalah bersaing dengan bensin yang harganya lebih murah. Penggunaan campuran alkohol dan bensin digunakan lagi pada tahun 1970-an akibat embargo minyak negara-negara Arab terhadap negara-negara barat pada tahun 1973 yang menyebabkan krisis minyak.

Pada tahun 1985 brazil mengeluarkan program pencampuran 20% bioetanol dengan bensin untuk menghemat 40% konsumsi bensin. Negara ini telah memasarkan 1 juta mobil dengan bahan bakar 100% bioetanol.  

Kelebihan-kelebihan bioetanol dibandingkan bensin:

  1. Bioetanol aman digunakan sebagai bahan bakar, titik nyala etanol tiga kali lebih tinggi dibandingkan bensin.
  2. Emisi hidokarbon lebih sedikit

Kekurangan-kekurangan bioetanol dibandingkan bensin:

  1. Mesin dingin lebih sulit melakukan starter
  2. Bioetanol bereaksi dengan logam seperti magnesium dan aluminium.

Sebagai alternatif digunakan campuran bioetanol dengan bensin. Sebelum dicampur, bioetanol harus dimurnikan hingga 100%. Campuran ini dikenal dengan sebutan gasohol.

Substrat yang dapat difermentasikan menjadi alkohol :

  1. bahan bergula (sugary materials) : tebu dan sisa produknya (molase, bagase), gula bit, tapioca, kentang manis, sorghum manis, dll. Molasses tebu digunakan besar-besaran di beberapa negara untuk memproduksi alkohol.
  2. Bahan-bahan berpati (starchy materials) : tapioka, maizena, barley, gandum, padi, dan kentang. Jagung dan ubikayu adalah dua kelompok substrat yang menarik perhatian. 11,7 kg tepung jagung dapat dikonversi menjadi 7 liter etanol.
  3. Bahan-bahan lignoselulosa (lignosellulosic material) : sumber selulosa dan lignoselulosa berasal dari limbah pertanian dan kayu. Akan tetapi, hasil etanol dari lignoselulosa sedikit karena kekurangan teknologi untuk mengkonversi pentosa menjadi etanol. 409 liter etanol dapat diproduksi dari 1 ton lignoselulosa.

GASOHOL

Bioetanol bersifat multi-guna karena dicampur dengan bensin pada komposisi berapapun memberikan dampak yang positif. Pencampuran bioetanol absolut sebanyak 10 % dengan bensin (90%), sering disebut Gasohol E-10. Gasohol singkatan dari gasoline (bensin) plus alkohol (bioetanol). Etanol absolut memiliki angka oktan (ON) 117, sedangkan Premium hanya 87-88. Gasohol E-10 secara proporsional memiliki ON 92 atau setara Pertamax. Pada komposisi ini bioetanol dikenal sebagai octan enhancer (aditif) yang paling ramah lingkungan dan di negara-negara maju telah menggeser penggunaan Tetra Ethyl Lead (TEL) maupun Methyl Tertiary Buthyl Ether (MTBE).

            Pencampuran sampai dengan 24 % masih dapat menggunakan mobil bensin konvensional. Di atas itu, diperlukan mobil khusus yang telah banyak diproduksi di AS maupun Brazil. Yang populer dan diminati saat ini adalah Flexible-Fuel Vehicle (FFV). Ini sejenis “mobil cerdas” karena dilengkapi dengan sensor dan panel otomatisasi yang dapat mengatur mesin untuk menggunakan campuran bensin-bioetanol pada komposisi berapapun.

INDUSTRI BIOENERGI NASIONAL

Pabrik gula (PG) di Indonesia sudah waktunya melakukan transformasi peran dari sekedar sebagai penghasil gula menjadi suatu industri berbasis tebu, seperti yang dilakukan PG di negara-negara produsen gula dunia. Industri yang mampu memanfaatkan peran seperti itu mampu mengurangi ketergantungan perusahaan dari gula semata, karena dengan menjadi industri berbasis tebu, akan banyak produk dan derivat yang dihasilkan tebu dapat dimanfaatkan untuk keuntungan perusahaan.

Untuk Indonesia, lanjutnya, karena masih banyak PG yang kekurangan bahan baku tebu, maka tahapan saat ini bioetanol layaknya berbahan baku tetes. Dari tiap ton tebu yang digiling, dihasilkan tetes sekitar 40-45 kg dan sebagian hasilnya masuk ke petani sebagai pemasok tebu. Selama ini tetes lebih banyak digunakan sebagai bahan baku pembuatan asam asetat dan monosodium glutamat

Selain tebu, ubi kayu cukup potensial sebagai bahan baku bioetanol. Ubi kayu relatif lebih mudah dibudidayakan pada berbagai jenis lahan pertanian. Lahan-lahan yang selama ini tidak produktif dapat ‘dihidupkan’ kembali dengan menanam tanaman bioenergi. Hal yang perlu dilakukan adalah pemetaan potensi daerah dalam memproduksi tanaman bioenergi.

Selanjutnya adalah pembuatan industri bioenergi secara terpadu yang melibatkan perusahaan, pemerintah, universitas, dan petani. Dengan hal ini, maka setiap daerah diharapkan mampu menjadi daerah mandiri energi. Paradigma yang kemudian dibangun adalah ‘pemberdayaan’ masyarakat. Bukan ‘penghisapan’ masyarakat dan SDA yang selama ini cenderung dilakukan oleh Multi National Corpaorate (MNC). Pasokan energi yang berkelanjutan dan ramah lingkungan merupakan sebuah fundamental pembangunan bangsa Indonesia mengahdapi globalisasi.

(Tata Chemiawan, mahasiswa kimia ITB)

 


Responses

  1. Saya tertarik dengan artikel ini.
    saya sedang membuat karya tulis tentang bioetanol. saya berharap bila anda memiliki sumber-sumbernya anda dapat mengirimnya ke alamat email saya. Trimakasih

  2. Saya tertarik dengan artikel ini dan membutuhkan penjelasan lebih detail terutama mengenail proses fermentasinya.
    Thanks.

  3. saya jg lagi belajar mbak/mas.
    Untuk mas Evodius Sapto Insya Allah akan sy kirim sumber2 yg ku punya.
    Untuk Mbak Dhean Novi, fermentasi alkohol nggak ribet2 amat. nenek moyang kita Bangsa Indonesia dah berpengalaman mbuat alkohol fermentasi, kayak tape ketan, peyeum, tuak dari beras, arak, bir, dll. hehehe

  4. Saya tertarik untuk berbisnis bioetanol ini, apakah Sdr mempunyai informasi/narasumber lebih detil untuk saya, supaya saya dapat mempelajari lebih detil, dan risiko yg akan muncul.
    Regards
    eko

  5. ada yang mengganjal deh, Penerimaan terbesar kita sekarang bukan dari migas, tapi pajak tahun 2007 mendekati 80%

  6. disebutkan proses fermentasi menggunakan ragi, seberapa besar/banyak ragi yg digunakan per ton tetes tebu?? dimanakah bisa mendapatkan ragi tersebut??

    terima kasih
    saya dan rekan2 sangat tertarik untuk membuat bioethanol, tetapi tidak cukup ilmu untuk itu, bisa dikirimkan mengenai step proses/peralatan yang digunakan?? tapi cuman skala home industry…modal nya ndak banya.

  7. saya sangat tertarik dengna gasohol dan ini menjadi alternatif yang snagat baik. Saya minta bantuannya untuk memberikan informasi tentang proses produksi skala kecil dan sebelumnya terima kasih.

  8. saya dulu agak ragu menerima penelitian ini…
    ternyata banyak manfaat yang didapatkan penelitian ini…saya bergabung dengan proyek pemanfaatan lignoselulosa sebagai bahan pembuat etanol dengan bantuan jamur….
    bila mengetahui referensi mengenai hal tersebut mohon bantuannya untuk mengirimnya ke email saya…
    trims

  9. Bwt mas Eko Sakapurnama :
    untuk produksi bioetanol skala kecil-besar bisa datang ke program studi Teknik Kimia ITB. Ada dosen2 yang ahli dalam rancang bangun pabrik bioetanol/biodiesel.

    Bwt mas Anas:
    wah, saya ini (calon) scientist-kimiawan. kalo konsep dasar keilmuwan mbikin bioetanol sih saya ngerti. Tapi, kalo udah bicara produski pabrik/home industri orang2 Teknik Kimia lebih ngerti detailnya bahkan sampai kalkulasi ekonomi bisnisnya. Mas bisa konsultasi ke dosen2 teknik kimia ITB yang pakar dalam membuat pabrik bioetanol sekala kecil-besar.

    Bwt mas Syafirudin:
    kalo mau produksi skala kecil, bisa lihat aja ke para pembuat tape ketan, tuak, arak beras, dan makanan/minuman sejenis yang memabukan. etanol akan menjadi hasil reaksi emzimatis oleh ragi/bakteri. Untuk memurnikannya bisa dilakukan distilasi/penyuingan sederhana, dengan kadar etanol max 96%. Kalo mau daper biotenol 100% harus pake distilasi azeotrop.

  10. Saya sangat tertarik dengan artikel ini.apakah bisa dibantu mengenai penjelasan secara ditail dari proses bahan baku sampai jadi bioetanol?
    peralatan perlengkapan apa saja yang diperlukan?untuk mengetes berapa kadar etanol dalam bioetanol bagaimana caranya?
    trima kasih.

  11. Saya tertarik untuk memanfaatkan jerami yang numpuk di desa saya.. please bantuan dimana saya bisa cari teknologinya ya… Tks

  12. assalamu ‘alaikum
    kami ada investor dari timteng dan amerika (muslim)
    apakah ada proposal/busines plan untuk pembuatan pabrik bioetanol skala kecil.menengah?

    bila busines plan diseteujui oleh investor kami ini, maka dananya bisa dicairkan

    wassalam
    arif
    advance-system@telkom.net

    • kalau kapasitas untuk home industri sih biaya pembuatan pabrik kisaran 400 jutaan itu kapasitas kira kira 200 liter per hari kalau serius kita kirimkan proposalnya.

  13. ini yang saya cari dari dulu, memproduksi BBm tanpa harus mengeruk sumber daya alam yang kita punya..saya yakin, biotanol pasti akan menjadi bahan bakar kita. jgn lagi mengimpor, tapi harus MENGESKPOR..ITU LAH INDONESIA..

  14. Setelah membaca tentang bioetanol saya jadi tertarik dan ingin memcobanya, untuk itu tolong dong dimana informasi yang lebih jelas tentang cara membuat secara detail saya tak mempelajarinya sanpai detail juga baru kemudian praktek karena bahan dari ubi kayu di tempatku banyak dan dapat lo digunakan untuk bahan itu.

  15. Saya juga tertarik,tapi lagi buntu nih sudah surfing kemana nggak ada informasi mengenai mesin yg murah. Yang ada mahal,kalau mau informasi yang murah harus bayar mahal.Sama sajakan mahal………cape deh

  16. Saya tertarik membuat pabrik sekala rumahan untuk biofuel berbahan dasar jarak atau singkong, minta pencerahannya.

  17. wah2 hampir semua pertanyaannya menjurus ke teknik produksi bioetanol. Di ITB ada Dr.Tatang (dosen teknik kimia/ketua Forum Biodiesel Indonesia) yg pakar juga tentang produksi bioetanol. kalo ga salah di teknik kimia ITB jg ada model alat produksi biotenol skala kecil. dateng aja mas2 ke ITB.
    kalo sy dari kimia murni, taunya bikin ‘resep’ reaksi kimia aja. kalo udah urusan produksi itu bagiannya orang2 teknik kimia.

    TETAP SEMANGAT BANGUN NEGERI

  18. saya juga tertarik untuk mengembangkan usaha bioetanoll… mungkin ada yang mau sharing dan kerja sama…. kita saling kontak yuuuk…

  19. ass,,

    saya mahasiswa baru di tknik kimia..
    saya pengen nanya,ada ga bku yg lengkap membahas bioetanol ini??
    kl ada, bku apa ya mas??
    makasih sblmnya..
    slnya saya pengen bljr lbh byk ttg bioetanol..
    makasih ya mas,,

    wass..

  20. to Cha :
    ada buku lengkap tentang bioetanol di perpustakaan teknik kimia ITB. datang aja ke ITB.

  21. ah mas dari tadi cuma ke itb aja.kan ksian yng jauh dari bandung… oya,pembahasan bioetanol yang lebih detail masuknya ke teknik kimia ya?klo di perpus pertanian kira2ada g ya?hehehehe… coz sya mhsiw pertanian di solo, br smtr 1 lg…slm knal yo…..

    hidup indonesia….kembangkan terus iptek indonesia…….Bravo!!!!!

  22. Saya tertarik dengan bioetanol dari tebu… siapa yang mempunyai cara pembuatannya bagaimana dari tebu bisa jadi bioetanol tolong kirimkan saya dong….. thx

  23. saya tertarik dengan bioetanol ini, dimana saya bisa mendapatkan alat untuk pembuatan bioetanol ini, terimakasih…

  24. Ok 3X.
    Karena banyak yg request ttg teknik produksi bioetanol ampe tanya alat2nya segala.
    Hari ini saya mau jalan2ke program studi teknik kimia ITB. mau tanya macem2 ttg produksi bioetanol dr skala kecil ampe pabrik.

    I am a Chemist, not a Enginer

  25. saya punya beberapa info ttg alat pengolahan bioetanol :
    •Peralatan penggilingan
    •Pemasak, termasuk support, pengaduk dan motor, steam line dan insulasi
    •External Heat Exchanger
    •Pemisah padatan – cairan (Solid Liquid Separators)
    •Tangki Penampung Bubur
    •Unit Fermentasi (Fermentor) dengan pengaduk serta motor
    •Unit Distilasi, termasuk pompa, heat exchanger dan alat kontrol
    •Boiler, termasuk system feed water dan softener
    •Tangki Penyimpan sisa, termasuk fitting
    mudah2an itu dpt membantu teman2 sekalian.
    Btw saya ingin tahu,dimana saya bisa dapat molase tebu (khususnya didaerah Bekasi)
    biar hemat ongkos gitu.hehe…

    ditunggu yah…

  26. saya tertarik membuat dengan artikel ini, terutama membuat bietano dari singkong dan molase, tolong dikasih tahu cara yang lebih detail tentang pembuatan keduanya.dan yang paling saya bingungkan bagai mana cara fermentasi dan penyulingan,masalahnya saya mahasiswa sastra

  27. saya punya data2 dan informasi mengenai deaign plant ethanol dari molasses.. jadi yang membutuhkannya bisa menghubungi saya via email.. terimakasih.. Lab_LTD_ITS

  28. EMAIL SAYA DI:mahe_tsuka@yahoo.com

  29. JUAL BIOETANOL. Kabar gembira utk Anda semua! Kami memproduksi BIOETANOL berbahan baku molasses (tetes tebu). Kadar alkohol disesuaikan dengan permintaan. Bisa utk industri farmasi,kosmetik, minuman berkarbonasi, dan bahan bakar (FGE = Fuel Grade Ethanol) dan lainnya. Maks. 200 liter/hari (6000 liter/bulan). Pemesanan hubungi Bpk Yana 085220003579 atau email: visit.yana@gmail.com.

    • pak yana saya mau bertanya/ apakah bolek kalau beli bioetanolnya cuma 2liter ? karena mau dibuat penelitian unjuk kerja motor bakar

  30. Visit us in http://bioethanolindonesia.blogspot.com

  31. Mas boleh dong aku diajarin cara buat bioetanol dr singkong,mulai dari awal sampai jadi tolong ya…

  32. kirim via email aja ya di adzra_rizqi@yahoo.com

  33. Dibeli Minyak Jelantah !!!
    Jika Anda memiliki minyak jelantah bekas goreng apa saja, kami akan membelinya. Segera hub Yana Mulyana 085220003579 Email: visit.yana@gmail.com

  34. Kirim sample minyak jelantah kepada kami. Jika cocok, berapa pun jumlahnya akan kami beli

  35. wah teman-teman…. salam kenal dulu ya….
    pada tertarik dengan bioetanol nih…. sama saya juga tertarik nih bisa bantu saya plant lay outnya bioetanol dari ubi kayu (singkong), atas bantuanya thanks ya…

  36. dear big brother,
    thank bgt dah buat artikel ini, ini betul2 berarti.
    tolong aku di beri info detailnya…..
    saat ini aku lagi bingung masarin produk etanol yang dibuat keluargaku.
    oya katanya kalo mo naikkin kadar alkoholnya pake penyerap air berupa zeolit, tau gak dimana dapatinnya?
    thanks bgt bro…

  37. Hello Pak Tata,
    Saya tertarik untuk mengetahui proses dan bahan2 yang dipakai untuk pembuatan bioethanol, mohon dikirimkan segala informasi yang bersangkutan dengan pembuatan bioethanol, ke email kami di
    minuetsizz@yahoo.com
    terima kasih banyak.

    Kepada para pembaca, pemasok bahan baku, mesin2, dll. saya mohon juga apabila ada informasi dan saran mengenai pembuatan bioehtanol ini, mohon dikirimkan ke email kami
    di : minuetsizz@yahoo.com
    terima kasih banyak

    Sukses kepada para pembaca..
    have a nice day

  38. JUAL BIOETANOL. Kabar gembira utk Anda semua! Kami memproduksi BIOETANOL berbahan baku molasses (tetes tebu). Kadar alkohol disesuaikan dengan permintaan. Bisa utk industri farmasi,kosmetik, minuman berkarbonasi, dan bahan bakar (FGE = Fuel Grade Ethanol) dan lainnya. Maks. 400 liter/hari (12.000 liter/bulan). Pemesanan hubungi Bpk Yana 085220003579 atau email: visit.yana@gmail.com.

  39. gw tertarik banget dengan artikel nie ada artikel tentang bioetanol yang lebiih lengkap ga

  40. lupa man gw minta tolong ma tmn-tmn semua yang tau tentang BIOETANOL kirim ke email gw ya
    cowox_jelx@yahoo.com

  41. ass..
    saya maha siswi biologi ITS, Surabaya…
    saya ingin mengajukan penelitian ttg potensi makroalga sebagai bioetanol sebagai tugas akhir saya.
    nah, karena metode untuk membuat bioetanol dari makroalga belum saya temukan..jadi, saya mohon bantuannya, yang jelas si makroalga ini rencananya akan diuji kadar karbohidratnya dulu..plizzz HELP!!!!
    THANKS BGT
    wass..

  42. ass….. all.
    Salam kenal.saya ihsan mahasiswa biologi unej semester 8.Saya tertarik dengan bioethanol ini untuk saya jadika baha skripsi tapi saya kurnag referensi.mohon bantuan dari semuanya.
    Tolong dikirimi info2x yang bisa dijadikan penelitian skripsi, semacam ebook atau jurnal penelitian sebelumnya. ato kasih saran2 yang bisa saya jadikan penelitian skripsi coz dah hampir 2 semester ini saya masih bingung cari permasalahan yang bisa di ajukan ke dosen, padahal saya dah banyak waktu kosong . email saya ihsanulmuslimin@gmail.com
    terima kasih semuanya.
    wassalam

  43. assalamu’alaikum.
    salam kenal, saya icoes dr UNSOED, semester 8 sangat tertarik dg bioetanol,mohon informasi semua-mua (buku, artikel, jurnal, dll) tt bioethanol dari ampas tepung tapioka (onggok) utk bahan skripsi saya, mulai dr proses pembuatan, mesin yang dgunakan, rendemen, kimia n mikrobiologi bioetanol, peluang pasar, lay out pabrik skala kecil-besar, poko’nya semu-mua tt bioenol terutama dr ampas tepung tapioka.
    tolong bgt kirim ke email ku: icoes_imoet@yahoo.co.id
    terimakasih bgt sbelumnya…
    please HELP me…
    wassalamu’alaikum

  44. ass..
    kepada yang terhormat mas mahasiswanegarawan..sepertinya anda jarang meng up date blog anda dech..
    padahal kami datang ksini karna tertarik dengan sumber energi alternatif ini. yang akan kami jadikan bahan skripsi kami.

    mohon bantuannya ya bang…

    wass…

  45. saya sangat interes sekali masalah etanol,karena saya ingin membuat suatu industri sekala rumahan untuk tahap mula,karena kami punya kebun 10 ha dan sudah lama saya tanami singkong, maka dari itu saya ingin mengembangkan supaya petani saya merubah pola pikirnya dan menambah financialnya,
    Tolonglah kami tunjukkan pabrik etanol dipilau jawa,saya akan berkunjung, apalagi bapak bisa membimbing saya masalah etanol ini.

  46. Bagi yang mau tau lebih lanjut dan lebih terperinci mengenai bioetanol, IPb mengadakan pelatihan info nya bisa di baca di trubus edisi february dan maret 2008. Saya udah daftar untuk bulan april, ayo ikutan, siapa tau kita bisa ketemu dan nimba ilmu bareng. Kalo ga mau ikutan bisa beli buku berjudul BIOETHANOL UBI KAYU, buku ini memjelaskan secara panjang lebar mengenai bioetanol, sampai membangun usaha skala rumahan dan skala besar juga cara budidaya ubikayu yang efektif. pokoknya komplit deh. ikut pelatihan akan mendapat buku ini secara gratis, buku ini juga bisa dibeli toko-toko buku. info mengenai pelatihan bisa hubungi 0251-330970 atau e-mail ke Info.sbrc@gmail.com
    Info buku ini bisa e-mail ke saya, soalnya saya lupa pengarang dan penerbitnya untuk kemudahan anda mencarinya di toko-toko buku. (Kin_sept@yahoo.co.id)

  47. Saya sangat tertarik dengan msuknya

  48. tolong bantuannya info tentang dampak pembuatan bioethanol

  49. untuk mas tata dan semuanya, saya sangat tertarik dengan pembuatan bioetanol dari ubi dan tebu. bisa nggak tolongin saya, kirimkan ke email saya cara pengolahan dan mesin yang digunakan. Email saya aksyara.putra@yahoo.co.id. thanks ya sebelumnya.

  50. ass…
    buat mas mahasiswanegarawan dan temen2 yg bersedia membantu saya.Skrg saya lagi bkin proposal PKL tentang bioethanol dari tetes tebu (molase)..bagi yg mempunyai data2 atau materinya saya minta tolong dikirim ke email saya ya….terima kasih
    (dmaz_antic@yahoo.co.id)

  51. Assalamu alaikum wr wb
    buat Thia Biologi ITS

    anda bisa buka http://www.trubus-online.co.id
    dengan judul Makhluk Mini Pengisi Tangki

    http://www.trubus-online.co.id/mod.php mod=publisher&op=viewarticle&cid=9&artid=1170

    untuk memperbanyak Chlorella Sp. anda bisa menambahkan pupuk Kascing(bekas cacing) yang berupa kotoran cacing (vermicompost). dimana senyawa2 Kascing dapat memenuhi kebutuhan makanan dari chlorella Sp.

    wassalam

  52. assalamualaikuk wr wb
    buat para pembaca yang budiman kami meyediakan molasses harga bersaing lho..(berkualitas) silakan hub. kami bangkit_lagi@yahoo.com

  53. sorry bwt semua pengunjung blog, aku jarang ngereply comment2 di blog ini. Lg sibuk di politik terus neh (sok sibuk). Nah, sekarang udah on lagi untuk berkelana di dunia kimia.

    Rabu, tgl 1 april kemarin aku diwajibkan ikut kuliah wawasan yg diisi oleh selebritis Biofuel Indonesia. Siapa lagi kalau bukan, Dr.Tatang Hernas (ketua Forum Biodiesel Indonesia/dosen Teknik Kimia ITB), dengan tema ”Overview of Biofuel Technologies for Indonesia”. Resume lengkapnya bisa klik disini : http://www.fmipa.itb.ac.id/index.php/1264/seminar-kimia-overview-of-biofuel-technologies-for-indonesia.

    Ternyata pengembangan Biofuel telah menjadi sebuah kompetisi global. Aku yg bergelut di dunia teori basic science, agak tergoda juga untuk masuk ke dalamnya.

    Dan selasa sebelumnya aku presentasi di mata kuliah seminar unit bidang tentang Produksi lipid untuk Biodiesel dari mikroalga. Ide besarnya, di masa depan lahan darat akan difokuskan untuk lahan pertanian pangan. Kalo gitu kita ‘nanam’ organisme penghasil lipid di laut aja. Apalagi negara kita garis pantainya terpanjang ke dua dunia.

    Dosen2 di biokimia malah mau bikin pabrik enzim alfa-amilase. Nanti kita bisa pake lignoselulosa menjadi bahan baku bioetanol. Artinya kiota bisa pake kayu, jeramio, dan rumput untuk membuat bioetanol.

    Sekali lagi Sorry, komentarnya tidak sistematis. Buat yg request bahan2 referensi, cara termudah cari di google aja, tulis : (bioetanol filetype:pdf). Dijamin ada banyak. AKu punya sedikit presentasi2 dari Dr.Tatang Hernas. KAlau ada waktu nanti dikirim ke alamat emailnya.

  54. alhmdlh saya bisa baca artikel ini, saya tertarik bioethanol karena sekarang saya lagi penelitian mengenai bioethanol dari onggok,permasalahannya saya masih binggung bagaimana hidrolisis lignoselulosanya, jika punya literatur menganai hal tersebut mohon kirim ke email saya…terimakasih

  55. assalamu ‘alaikum

    to aish
    coba buka http://www.trubus-online.co.id/mod.php?mod=publisher&op=viewarticle&cid=9&artid=1218
    moga bisa membantu

  56. Yth. Tata
    Saya senang membaca artikel saudara. suatu pertanda bahwa indonesia akan bangkit. Di kampung saya harga bensin/liter rp.20.000,- dengan menggunakan bioetanol berarti krisis energi di tanah air bisa teratasi. Jadi persolan saat ini adalah antara kepentingan industri bahan makanan dan industri bioenergi. saya mohon masukan dari saudara tata tentang persoalan ini. Thans. God Bless You

  57. tolong informasih di kirim ke alamat
    email. j_numberi@yahoo.com

  58. saya tertarik dengan artikel ini, cukup bagus emang selain dapat mengurangi ketergantungan kita terhadap BBM tetapi juga dapat meningkatkan penghasilan para petani kita, saya punya keinginan untuk memproduksi bioetanal karena bahan baku di didaerah saya melimpah, tetapi saya tidak punya pengetahuan tetang pengolahannya, tolong dong yang mengetahui cara pengolahan tuk, berbagi pengalaman ke saya tolong kirim ke e-mail saya :sisan88@yahoo.com, makasih

  59. saya sangat tertarik dengan ertikel ini,karena skg saya lagi mempelajari tentang etanol bila anda memiliki info yang lebih lengkap dan detail tolong infonya dikirim keemail saya. thanks

  60. saya rasa artikel ini sangat bagus akan tetapi kurang detail n apakah comunity anda memiliki tentang jurnal penelitian kimia organik karena skg saya sgt membutuhkan jurnal tsb untuk keperluan tugas yang diberikan dosen. thanks

  61. untuk penjelasan lengkap tentang mesin bioetanol bisa dilihat di http://anekaindustri.com/industri-etanol-bioetanol.html.

  62. buat saudara menawarkan investasi, mohon hubungi saya di 085729014792 / 021 93721975 atau di ebes_gumelar@yahoo.com saya punya bisnis plan,dan telah mengikuti pelatihan bioetanol di trubus.

  63. selamat jumpa OM Mahasiswa

    Om Mahasiswa beli bakteri atau funginya dimana
    mohon informasinya

    josh w
    081332216125

  64. bioetanol saya setuju
    bisa minta informasi lebih lanjut

  65. Asssalamualaikum
    saya sedang melakukan penelitian tentang pembuatan bioetanol dari sagu dengan bantuan jamur aspergillus, saya sangat memerlukan literatur tentang penghitungan jumlah sel aspergillus yang akan dipakai,kalau ada mohon dikirim ya,terima kasih….
    Wassalamualaikum
    (Fitri, Papua)

  66. Assalamualaikum.
    Saya sedang melakukan penelitian tentang pembuatan Bioetanol dari Singkong dengan bantuan Enzim alfa-amilase,Enzim Gluko-Amilase Ragi,Urea,dan NPK. Saya sangat Memerlukan literatur2 Mekanisme pengujian(Metode2 yang digunakan), berapa lama waktu fermentasi yang cocok?Hingga didapatkan hasil yang maksimal

  67. Saya tertarik untuk membangun pabrik mini bioetanol kapasitas 200-1000 liter per hari. Apakah Bapak/Ibu ada informasi unuk dapat disharing ke saya. Mohon bantuannya. terimakasih

  68. Saya juga tertarik dengan produksi bioetanol kapasitas 200-1000 liter per hari. Apakah Bapak/Ibu ada informasi untuk saya. Mohon bantuannya. Terima kasih.

  69. wah., saya juga minat sekali sama topik yang satu ini., punya link2 web yang bahas tuntas / punya artikel yang bisa bahas tuntas ini gak? sampe ke pengolahannya…

    kalo ada boleh minta ya…

    wahyukresnar@yahoo.com

  70. saya mau tanya selain memakai mikroorganisme,bisakah fermentasinya menggunakan katalis?bagaimana dengan waktu dan biaya lebih efisien menggunakan mikroorganisme atau menggunakan katalis?thanks

  71. Dear Tata,

    Wah menarik sekali mengenai etanol ini, bolehkan saya dikirim mengenai cara2 membuatnya dan alat apa yang digunakan
    Thx …

  72. saya ingin mengetahui tentang bioetanol

  73. Asslm,
    Salam kenal saya alumni dari FT-UB Malang ingin menanyakan beberapa hal seputar bioetanol.
    1. Bagamana dan dimana mendapatkan ragi (yeast) untuk fermentasi etanol?
    2. Perkiraan harga per kg berapa?
    3. Untuk 1 kg ragi dapat menghasilkan berapa liter etanol 95% (setelah proses distilasi)?

    Atas tanggapannya saya sampaiakan terima kasih.

  74. Aq tertarik bgt sama artikel ini.
    Ga rugi masuk ipa.
    Yg saya tnyaen,dimana bisa saya dapetin info ttg pembuatan bioetanol dari singkong?
    Adakah buku ttg pembuatan bioethanol ubi kayu dijual di toko buku?btw,judul bukunya apa?pengarangnya cp?n penerbitnya cp?
    Tlg kirim ke email-q ya.plizz
    EmailQ=andre_hizkey@yahoo.com

    Mohon bantuannya y,thx

  75. saya karyawan bumn biasa, tapi aktif di org pemberdayaan lingkungan
    selama ini mengajari masyarakat mengolah sampah jadi kompos, briket, dan bio massa.
    pengen sih ngajari mereka ke bio etanol, sasarannya bisa mandiri energi.
    bisa kasih saran mas? lahan tidur banyak, kalo buat tebu agaknya kurang cocok, tapi singkong racun sih bagus.
    fisibel enggak yaa …?

  76. saya seorang pengetik komputer selain itu saya juga mempunyai kebun ubi/singkong, saya tertarik sekali dengan artikel pembuatan ethanol dari ubi. kalo boleh saya ingin memanfaatkan ubi saya sebagai ethanol mengingat bbm sangat mahal. mohon dibantu cara pembuatannya. terima kasih atas bantuan yang sangat berharga ini. mohon dikirim ke sabir_com@yahoo.com

  77. Saya tertarik dengan artikel ini dan kebetulan saya adalah mahasiswa teknik kimia yang akan melakukan penelitian ttg pembuatan bioetanol dari nira aren..
    Tapi saya masih bingung bagaimana cara analisa mutu bioetanol yang telah dihasilkan..bagaimana mengetahui apakah layak atau tidak bioetanol yang saya peroleh tersebut dapat menjadi pengganti bahan bakar…
    Jika anda tau,,mohon infonya dan kirim ke email saya..
    ay4_d32@yahoo.com
    Terima kasih..

  78. Saya tertarik dengan informassinya.Tapi saya kurang penjelasan ttg peralatan yg digunakan dan bagaimana cara mengetahui kadar etanol yg dihasilkan?Jika anda tahu mohn dikirim ke e-mail saya…
    KT.290190@gmail.com
    Terima kasih

  79. sekarang sudah ada inpestor dari korea yang sudah punya pabrik pasca panen untuk pembuatan Boiethanol dari bahan baku Ubi kayu di sul-sel (Makassar)

  80. insya Allah saya setuju dengan memanfaatkan peluang usaha bioetanol.

  81. Untuk yang membutuhkan mesin pembuatan bioetanol. Segera hubungi sms atau call ke 08174828733. Atau YM:su53no2001.Harga murah dan terjangkau.

  82. Assalamu’alaikum.,
    Saya tertarik dengan tema bioetanol.,
    kebetulan saya mau tanya tentang metodologi pembuatan bioetanol, klu boleh, kirim ke email saya: Moeslemcute_girl@yahoo.com or Aningrum06@gmail.com, tolong kasih tau metodenya yang lebih spesifik,. Oy apakah jenis bakteri yang digunakan secara umum sama untuk setiap pembuatan bioetanol?

    Trimakasih
    Wassalamu’alaikum.,

  83. saya tertarik mengembangkan bioetanol ini di wilayah saya sendiri karena masyarakat di wilayah yang saya tempati sebenarnya memiliki sumber daya alam yang bisa diarahkan ke sana (pembuatan bioetanol) yakni berupa ketela pohon. Berhubung pemanfaatan tanaman tersebut belum dimaksimalkan maka tidak ada salahnya jika diarahlkan ke sana daripada sumber daya tersebut terbuang sia2 karena dipasarkan oleh masyarakat baru dalam wujud mentahan saja. Kalaupun berupa produk, paling berupa makanan. Masyarakat belum mengenal apalagi menghasilkan produk yang berupa sesuatu hasil olahan yang menunjang seperti bioetanol tersebut… Meskipun masih memiliki berbagai kekuranagn, namun disini ada kesempatan berharga yang tidak boleh dan jangan sampai tersia-siakan…

  84. pertama kali tau tentang bioetanol setelah baca majalah trubus yang judulnya kebun penghasil minyak.

    kalo mo baca coba mampir ke http://www.trubus-online.co.id

    semoga bermanfaat

  85. saya tertarik dengan artikel ini, saya sedang menyelesaikan tugas akhir S1 dengan penelitian produksi bioetanol. kirimkan dong cara pembuatan bioetanol secara lengkap dari bahan mentah sampai menjadi etanol sbagai bahan referensi. ku tunggu ya di emailku: F1_dh4@yahoo.com. thaks sebelumnya.

  86. minta informasi ttg pelatihan bioetanol di wilayah jabodetabek selama bln ramadhan. mohon kirim ke email saya, thanks a lot.

  87. minta komposisi gimana ngebuat bioetanol yang paling murah buat praktek,
    selain bahan beralkohol bisa enggak kulit duren jadi bahan bioetan?

  88. bang lihat kinerja pemerintah KPDT webnya apa yaaa yang berhubungan dengan bioetanol apa biotanol

  89. ini alamat email ku silence_judgement@yahoo.com

  90. saya juga sangat tertarik menjadikan bioethanol sebagai salah satu masukan untuk kantong saya, karna saya lihat di forum ini banyak sekali yg juga tertarik dan bahkan ada yg sudah meproduksinya, bagaimana kalo kita buat mailing list di yahoo, dan mungkin kita bsa tatap muka bahkan bekerja sama suatu hari nanti. makarim_helmy@yahoo.com

  91. saya berminat untuk mempelajari produksi bioetanol,untuk mengatasi kelangkaan minyak tanah di daerah saya,apakah bisa tolong dibantu referensi atau cara pembuatan bioetanol sampai dengan menjadi bentuk anti tumpah?terima kasih

  92. apakah semua yg bs d fermentasi mjd etanol dpt dibuat Gasohol,kmdn bagaimana dgn tape ketan yg dfermentasi

  93. NB.tolong penjelasannya ttg proses penghasilan etanol pada tape ketan yg akan dbuat bioetanol,katanya perlu adanya penyulingan terlebih dahulu ya,thank you

  94. salam kenal jika punya proses pembuatan bioetanol dari tetes tebu mohon dikirimi ke sulwan@yahoo.com

  95. menarik sekali hal ini mengenai bioetansangat menarik dijaman yang mengalami era perekonomian yang tidak stabil bisa kan diberi penjelasan lebih lengkap

  96. Kami Lembaga Pengembangan Usaha Mandiri yg beralamat di Jl. Kelud 21 ketapang – Probolinggo bergerak di bidang pengembangan usaha Bioethanol. Yang berminat memiliki kilang minyak sendiri silahkan menghubungi kami, atau yang ingin sekedar belajar bisa datang langsung ke tempat kami. Saat ini kami sudah memiliki cabang di gresik, situbondo, bondowoso, banyuwangi, jember, lumajang. Dan memiliki lebih dari 30 anggota binaan , yang masing2 anggota binaan memiliki alat distilasi sendiri. Silahkan datang ke alamat kami ,akan kami share bagaimana proses distribusi , baik bahan baku maupun hasil distilasinya ( bioethanol ) Telp. : (0335)428084

  97. Salam kenal…

    Saya alumni bio-itb 02, sedang membahas bioethanol untuk thesis di MBA itb.

    Mau nanya kira2 dimana yah saya bisa cari siapa aja sih pemain bioethanol di Indonesia yg udah berskala besar, khususnya yg menyuplai Pertamina untuk BioPertamax dan BioPremium-nya…

    Apa tanya jg ke Dr.Tatang dosen Tekim tersebut?
    Makasih sebelumnya…

  98. Salam sejahtera…

    Artikel yang menarik karena topik yang menarik untuk didiskusikan.

    Kebetulan sy mhasiswa t. kimia malang yg berencana melakukan pnelitian mngenai objek tsb.

    Mhon bantuannya dong!

    Sy lg cri2 refernsi yg substansial, jd klo saudara py & g kberatan tlong kirim ke email sy.

    Thanks and good luck!

  99. sama seperti yang lainnya…saya juga tertarik dengan bioetanol. saya minta tolong boleh g?? tolong donk saya dikirimi bahan2 tentang bioetanol
    makasih sebelumnya…

  100. BISA KASIH TAHU GIMANA NGRDAPATIN JURNAL PENELITIAN BIOETANOL DARI SINGKONG????

  101. Bagi yang ingin melihat pengolahan sorghum dan pengolahan bioethanol, kegunaan pakan ternak dll menyangkut sorghum, silahkan berkunjung ke Mahad Al-Zaytun Indramayu. Bermacan sorghum, termasuk asal Amerika Serikat sedang di budidayakan disana. Saya sendiri yang mengirim biji sorghum Amerika ke sana.Wassalam,Rukyal, Philadelphia,AS.

  102. Mas Mahasiswanegarawan (nama pglan yang sgt bgs), sekedar informasi, bahwa sorgum sedang dibudidayakan besar-besaran di areal pertanian Al Zaytun Indramayu. Juga pengolahannya, baik berupa etanol,maupun untuk pakan ternak dan pangan. Jadi jika ingin mengetahui lebih lengkap tentang sorgum, silahkan datang. Rukyal, Philadelphia,USA.

  103. Mohon penjelasan secara rinci mengenai bagaimana proses pembuatan etanol dari tetes tebu dan peralatan apa saja yang harus kami persiapkan dan dimana kami mendapatkan peralatan tsb. dan berapa biayanya. Terima Kasih.

  104. ada sedikit pertanyaan dari saya, untuk bioetanol dari singkong sebenarnya bahan dasar yang digunakan itu tepung kanjinya atau daging ubinya sendiri?
    bagi memiliki jawaban di atas, saya berterimakasih sekali jika berkenan mengirimkannya ke alamat email saya. (yahyo_najwa@yahoo.com)
    terimakasih

  105. Btul tuh mas Rukyal Basri, padahal saya cuma mau jalan2 ke Mahad Al-zaytun-indramayu, ternyata disana lagi dikembangkan besar-besaran Sorghum..! bio etanol, pakan, pakan ternak, pupuk, komplit..!! ga ada yang tersisa klo kita pake sorghum.. bisa-bisa “lambang padi dan kapas” nanti diganti “sorghum dan susu”..
    Coba aja tanya2 kesana, pasti banyak manfaatnya. Selamat ber study kunjung!!

  106. Saya tertarik dengan bisnis bioetanol dari singkong atau ubi kayu, dan saya ingin mengajak teman-teman untuk bergabung dengan saya untuk memulai bisnis tersebut di Aceh, lahan tersedia, bahan baku bagus dan situasi keamanan sudah mendukung, silahkan hubungi saya jika berminat, tq

  107. saya tertarik dengan bisnis bioetanol dari singkong dan ubi kayu, saya ingin mengajak teman-teman untuk bergabung dengan saya memulai bisnis tersebut di Aceh, lahan tersedia, bahan baku bagus dan situasi keamanan sudah kondusif. Silahkan hubungi saya untuk itu, tq

  108. Saya juga tertarik untuk bisnis bioetanol dengan bahan 2 Singkong dll, tolong dong kasih tahu caranya, tks

  109. tolong kasih tau untuk mendapatkan bantuan alat pembuat etanol 95%. alat yang saya punya hanya bisa membuat 90%

  110. pak saya ingin membeli bakteri zymomonas mobilis dimana y????
    untuk fermentasi bioetanol
    tolong kasih kabar seger pak…….
    no 085220828005

  111. Numpang ngiklan…

    Kami produsen BIO Ethanol skala rumah tangga, mengadakan workshop bioethanol langsung di pabrik pengolahan bioethanol di Cibubur, Jakarta. Workshop akan diadakan setiap hari mulai sabtu 14 Maret 2009.
    Materi Workshop meliputi:
    • Pengenalan tentang Bioethanol
    • Pengenalan Bahan Baku Bioethanol
    • Pengenalan Peralatan dan Proses Produksi Bioethanol
    • Proses Pengolahan Tetes tebu menjadi Bioethanol
    • Proses Pengolahan limbah Bioethanol
    • Pengolahan Bioethanol menjadi Biopremium & Minyak tanah
    • Prospek dan Analisa Bisnis Bioethanol
    • Konsultasi Bisnis Bioethanol

    Biaya Workshop Rp. 300.000 (umum)
    Rp. 250.000 (pelajar&mahasiswa)
    Biaya sudah termasuk materi workshop, snack dan makan siang & transportasi ke lokasi pabrik.
    bonus buku produksi bio-etanol serta bantuan pemasaran produk.
    Pembayaran tunai di cibubur, atau transfer ke BSM Cabang pembantu jakarta cibubur a.n. Diana Widjayanti no. rekening 1030031963.
    Keterangan lebih lanjut hubungi Toni (021-93-72-1975 tlp/sms).
    TEMPAT TERBATAS!!! (max 5 orang/hari)

    Kami juga menyediakan biologic supply untuk pengolahan bioethanol, yang kami jual sementara ini adalah :

    Enzime Amylase)
    Enzime Glucoamylase
    Ragi Saccharomyces cerevisiae Rp. 80.000/kg
    Zeolit 3A Rp. 200.000/kg
    Kami juga membuat peralatan produksi bio ethanol dengan berbagai type dan kapasitas sbb :
    1. Kapasitas 70ltr/hr grade 40% -sd. 85% untuk sekala home industri, Harga Rp. 5jt/ set
    2. Kapasitas 100lt/hr, grade 85%-95% untuk home industri dan menengah, control manual, harga mulai Rp.10jt/set
    3. Kapasitas 200lt/hr, grade 85%-96% untuk home industri dan menengah, control manual, harga mulai Rp. 16jt/set
    4. Kapasitas 400lt/hr, grade 85%-96% untuk industri menengah, Ful automatically control, harga mulai rp. 29jt/set

    • minta alamat lengkap pabrik pengolahan bioethanolnya dunk,, makasiiii :)

  112. Saya tertarik dengan artikel ini dan membutuhkan penjelasan lebih detail terutama mengenai penjualan hasil produksinya
    Thanks.

  113. Kalau bicara sorgum datang langsung ke Al-Zaytun disana sudah banyak ditanam, kira2 ada 200 hektare.Dan disana menjual bibit yang bermutu juga. Datang aja langsung, atau baca majalah yang terbaru Al-Zaytun disitu ada no hp yang bisa dihubungi

  114. terus terang saya sangat berminat untuk usaha jamur ini.bahkan belum lama ini saya sudah tinjau di daerah sukabumi,tepatnya dekat tempat tinggal sahabat saya.dan sudah lihat langsung industri jamur.tapi,jujur aja saya masih buta pengetahuan tentang jamur ini.mohon penjelasannya mengenai bahan2 yang dibutuhkan untuk menciptakan bibit jamur,dan dimanakah bahan tsb bisa didapatkan ? atas penjelasannya,sy ucaokan terimakasih

  115. saya salah satu peminat usaha jamur ini.mohon kepada semua pembaca agar kiranya dapat membantu saya,dan memberi pejelasan lebih detail mengenai industri jamur ini.terimakasih

  116. Thanks Eri, sekarang di al zaytun tidak hanya sorgum, tetapi juga barley, oat, switchgrass. Switchgrass menghasilksn alkohol lebih banyak dari sorgum. Saya dapatkan dari kentucky dan canada. Saat ini juga sedang ditanam di alzaytun. Silahkan berkunjung. Salam.

  117. buat teman2 di sekitar JABOTABEK & JAWA TIMUR yg kesulitan dalam pemasaran etanol,silakan hub sya di 021-93721975 & 085695399653, mudah2an saya bisa bantu. sya terima hasil sulingan kadar berapapun, minimal 20%. yang mau kursus etanol juga boleh

  118. memang bioetanol cukup menarik, bisa menghemat bahan bakar pengganti minyak tanah, coba bayangkan 1 liter boetanol bisa dipakai 12 hari, tapi kalo 1 ltr minyak tanah cuma 2 jam habis.. giman ngak hemat.. kalo saya produksi tepung tapioka dari singkong sudah produksi 20 ton sehari..dan selam ini dipakai untuk bahan baku makanan, alangkah baiknya tidak semua bahan baku diarahkan ke energi alternatif walaupun itu bagus..tapi kita juga perlu makan loh..banyak orang yang tergantung disini, makanya peranan pemerintah harus bisa mengendalikan hal ini..sayapun sedang mencoba memproduksi bioetanol untuk kebutuhan warga sekitar saja..tapi belum maksimal nih hasilnya..ada yang bisa bantu..kirim ke email: padi_menguning@yahoo.com

  119. Kami penerbit Radya Pustaka mencari orang2 yang bisa membuat mensintesis alkohol/ethanol dari singkong atau ketela untuk kami terbitkan bukunya, jika berminat dan mampu anda dapat kirim naskah mentah ke andre_kit@yahoo.co.id
    Royalti dan sistem komisi dibicarakan setelah naskah diseleksi dan layak terbit

  120. saya mempunyai tanaman jarak pagar dan siap panen,,tapi saya pusing mencari siapa yang mau membeli tanaman jarak pagar saya,,,kira kira siapa orang yang suka membeli tanaman jarak pagar berskla kecil kira kira 2ha,,,terimaksih tolong d reply k email saya ato ke facebook saya

  121. Assalamua’alykum
    lam kenal
    ane dr Bio Undip,,,
    kbetulan ane juga sedang PKL tentang bioetanol,,karena bidang minat yg ane bIOKIMIA…
    melihat catatan gerakan Mahasiswa,,,anda KAmMiers ya..h sekalian lam kenal lg deh,,,ane nak KAMMI,,,KomiSAriat FMIPA Undip,,,d bawah naungan KAMMDA sEmarang

  122. Halo…
    Dimana saya bisa mendapatkan enzim Alpha amilase dan betha amilase serta zeolite (ZA) utk pembuatan bioetanol??… Lokasi saya skrg di Pontianak Kalimantan Barat. Ditunggu infonya. Tolong diinfokan di email saya ya : damadelo@yahoo.com Thanks

  123. hallo… saya berdomisi di cikarang-bekasi-jawa barat,bwt rekan-rekan yang membutuhkan molases untuk bahan baku alkohol,ethanol,pakan ternak atw lain sebagainya saya punya stock.’cash payment’,bisa rutin.And klo ada yang butuh,contact aja ke 0813-1961-9754 or 0856-9540-4979 e-mail otong_yusuf@yahoo.co.id

  124. saya tertarik dengan pembuatan etanol dari limbah rumah tangga, khususnya dari limbah tahu.
    saya mw nanya, bagaimana proses yang diperlukan untuk produksi etanol dari limbah tahu???
    pertimbangan apa saja yg saya perlukan untuk membuat pabrik etanol??

    harap bisa dikirimkan jawabannya ke email saya..
    trima kasi ats bantuaannya

  125. [...] Bioetanol Nasional Sebagai Pasokan Energi Berkelanjutan Dalam Menghadapi Krisis Energi Global. http://Mahasiswanegarawan.WordPress.Com/2007/08/18/Membangun-Industri-Bioetanol-Nasional-Sebagai-Pas…. 17 November [...]

  126. [...] MEMBANGUN INDUSTRI BIOETANOL NASIONAL SEBAGAI PASOKAN ENERGI BERKELANJUTAN DALAM MENGHADAPI KRISIS E… [...]

  127. SUPLIER MOLASSES, PARTAI BESAR. HARGA KOMPETITIF. AREA JAWA BARAT.
    PHONE :085224883901

  128. sekarang bahan bakar jadi mahal semua hiks hiks >_<

  129. Saya perlu informasi feasiblity study mengenai masing-masing blends dari bioethanol..
    Kalau ada..Thanks

  130. Bioetanol dapat dimanfaatkan secara nyata pada sebuah kompor gas. Tentu yang kita pakai bukan kompor gas lpg,tapi kompor yang didesain khusus untuk bioetanol. Tadi saya membaca uraian tulisan diatas yang cukup bijak dalam memaparkan masalah bioetanol. Terima kasih ya, semoga anda akan terus menshare masalah bioetanol di blog yang tampilannya ramah ini. Salam kenal dan sukses selalu

  131. salam kenal, mohon info email atau no hp yang dapat di hubungi di ITB jurusan teknik kimia km rencana akan membangun pabrik bioetanol di bontang kaltim sekalian butuh konsultannya dr ITB kalau bisa. trims

  132. jujur aku tertarik bngt dngan bioetanol. Saya pengen bsa buatnya. Tata craya gmana ya bkin etanol tu ? ( secara terperinci )
    e-mail : apikkondang@ymail.com

  133. saya sangat berminat untuk meneliti tentang bioethanol dari sorgum, ada info terbaru gak atau saran. saya skrng d smster 7 dan akan mengadakan penelitian. bila ada saran atau info terbaru mohon dikirim k email saya ya : helnandayuanita@yahoo.com, terima kasih…..

  134. Aku dkk termasuk sobat lakiku sangat interest pada Produksi BioEtanol berbahan baku apapun terutama Ubi,SIngkong,Jarak dsb yg selanjutnya setelah jadi BBM bisa substitusikan(alternatif selain)Bensin.Kalau bisa biaya produksinya di bawah harga Bensin Premium terkini misalnya biaya Pro
    duksi dsb di bawah Rp.3000,-,harga jual bisa maksimal Rp.4000,-yg penting Kita & para konsumen Bioetanol bisa aplikasikan(pakai utk kendaraannya )100 % Bioetanol agar lebih ngirit sekaligus menggantikan Premium apalagi gawatnya 1 April 2012 BBM akan naik.
    Harapanku semoga BioEtanol biaya Produksi sampai harga jual di tingkat distributor ke Eceran bisa lebih murah di banding BBM.
    Kebetulan Kami semua sangat haus info BioEtanol & Biodiesel jadi bila kalian semua punya Info detail Bioetanol,& Biodiesel,Trainer minimalnya bisa mengolah tanaman atau lainnya jadi Biodiesel & Bioetanol silakan hubungi Aku sebab Kami semua sangat perlu mempelajari,mengembangkan bahkan bila memungkinkan marilah Kita kembangkan bersama(bersyarat jika Kita bisa produksi sampai menjualnya di bawah harga BBM terkini).Jika segalanya memungkinkan & memenuhi syarat jadi sangat terbuka peluang bagi Aku dkk guna mencari Investor utk LitBang sampai penjualan BioEtanol
    & Biodiesel.
    Silakan Kita saling sharing di emailku:fransisca_verawaty@ceweq.com
    Aku WNI yg selalu berada di Jakarta & sangat berharap Kita semua bisa menekan biaya Transportasi tiap orang dgn penjualan ke 2 Bio Kita ini sekaligus mengurangi ketergantungan Kita pada Minyak Bumi.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: